Breaking

SELAMAT DATANG DI MADRASAHKU HEBAT, SEMOGA BISA BERMANFAAT

Wednesday, September 26, 2018

KISI-KISI PAS IPA KELAS 4 MI KURIKULUM 2013


KISI – KISI PENILAIN AKHIR SEMESTER  KELAS IV (EMPAT) MADRASAH IBTIDAIYAH
KABUPATEN INDRAMAYU
TAHUN 2018/2019

KISI-KISI PAS IPA KELAS 4 MI KURIKULUM 2013

Mata Pelajaran          :  IPA                                                                           Aalokasi Waktu         : 90 menit
Kurikulum                  :  K-13                                                                          Jumlah Soal                : 40 item
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
NO SOAL
JENIS SOAL
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainyadi rumah,di sekolah dan tempat bermain
3,1 Menganalisis  hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
·         Disajikan sebuah gambar hewan mamalia, peserta didik dapat menyebukan fungsi bulu pada hewan
·         Peserta didik dapat menyebutkan fungsi  sirip pada ikan
·         Disajikan  sebuah gambar  hewan , peserta didik dapat menentukan fungsi salah satu anggota tubuh hewan
·         Peserta didik dapat menyebutkan nama hewan yang melindungi dirinya dengan cangkang yang keras
·         Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama hewan yang sesuai dengan pernyataan
·         Peserta didik dapat menyebutkan fungsi batang yang menggelembung pada eceng gondok
·         Peserta didik dapat menyebutkan fungsi akar pada tumbuhan
·         Peserta didik dapat menyebutkan  tempat berlangsungnya proses fotosintesis
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan yang memiliki akar serabut
·         Peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang berfungsi  sebagai alat perkembangbiakan
1

2
3

26

4

5

36

6

7

27


PG

PG
PG

ISILAH

PG

PG

URAIAN

PG

PG

ISILAH











KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
NO SOAL
JENIS SOAL

3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
Daur hidup makhluk hidup
·         Peserta didik dapat menyebutkan hewan yang mengalami proses siklus  hidup di darat
·         Peserta didik dapat menjelaskan siklus hidup kupu – kupu
·         Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat menunjukkan pasangan nama hewan dengan siklus hidupnya
·         Peserta didik dapat menyebutkan hewan  yang melakukan metamorfosis tidak sempurna
·         Peserta didik dapat menyebutkan hewan yang hidup di darat dan di air
·         Disajikan sebuah siklus hidup hewan, peserta didik dapat menentukan nama hewan berdasarkan  siklus tersebut
·         Peserta didik dapat menyebutkan tempat siklus hidup bunga teratai
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan yang cocok hidup di daerah lembab
8

37

9

28

29

`10

11

12
PG

URAIAN

PG

ISILAH

ISILAH

PG

PG

PG

3,3 Mengidentifikasi macam – macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet,gaya gravitasi, dan gaya gesekan
gaya
·         Peserta didik dapat menyebutkan gaya yang bekerja berdasarkan gambar yang disajikan
·         Peserta didik dapat menjelaskan  akibat pengaruh gaya terhadap benda
·         Peserta didik dapat menjelaskan tujuan ban mobil dibuat beralur
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu contoh gaya gravitasi
·         Peserta didik dapat menunjukkan salah satu benda yang proses kerjanya menggunakan gaya listrik
·         Peserta didik dapat menyebutkan pengaruh gaya gravitasi terhadap berat benda
·         Peserta didik dapat menyebutkan gaya yang digunakan berdasarkan gambar yang disajikan
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu contoh gaya gesek
·         Peserta didik dapat menyebutkan peristiwa jika magnet didekatkan ke besi
13

38

30

14

15

16

17

18

31

PG

URAIAN

ISILAH

PG

PG

PG

PG

PG

ISIAN


3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
Gaya dan gerak
·         Peserta didik dapat menjelaskan kegiatan yang menggunakan gaya
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi gerak traktor pegas
·         Peserta dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi jarak lontaran anak panah
·         Peserta didik dapat menjelaskan penyebab keseimbangan pada jungkat –jungkit
·         Peserta didik dapat menyebutkan penyebab jika batu dilempar ke atas akan jatuh ke bumi

19


20


32


39

21
PG


PG


ISIAN


ISIAN

PG







3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari - hari
Sumber energi
·         Peserta didik dapat  menyebutkan sumber energi pada gitar
·         Peserta didik dapat menyebutkan sumber energi cahaya
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu perubahan energi listrik menjadi energi gerak
·         Peserta didik dapat menyebutkan salah satu alat yang mengubah energi listrik  menjadi cahaya
·         Peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi kimia menjadi energi gerak
·         Peserta didik dapat menyebutkan sumber energi alternatif
·         Peserta didik dapat menjelaskan salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan
·         Peserta didik dapat  menjelaskan energi alternatif yang banyak digunakan untuk kendaraan bermotor
33
22
23

34

35

40
24

25
ISIAN
PG
PG

ISIAN

ISIAN

ISIAN
PG

PG

No comments:

Post a Comment

Adbox