KISI – KISI PENILAIN AKHIR SEMESTER KELAS IV (EMPAT) MADRASAH IBTIDAIYAH
KABUPATEN
INDRAMAYU
Mata Pelajaran : IPA Aalokasi
Waktu : 90 menit
Kurikulum : K-13 Jumlah
Soal : 40 item
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
JENIS
SOAL
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang
dijumpainyadi rumah,di sekolah dan tempat bermain
|
3,1 Menganalisis hubungan
antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
|
Hubungan antara bentuk dan
fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
·
Disajikan
sebuah gambar hewan mamalia, peserta didik dapat menyebukan fungsi bulu pada
hewan
·
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi sirip pada ikan
·
Disajikan
sebuah gambar hewan , peserta didik dapat menentukan fungsi salah satu
anggota tubuh hewan
·
Peserta
didik dapat menyebutkan nama hewan yang melindungi dirinya dengan cangkang
yang keras
·
Disajikan
sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama hewan yang sesuai
dengan pernyataan
·
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi batang yang menggelembung pada eceng gondok
·
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi akar pada tumbuhan
·
Peserta
didik dapat menyebutkan tempat berlangsungnya proses fotosintesis
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan yang memiliki akar serabut
·
Peserta
didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat
perkembangbiakan
|
1
2
3
26
4
5
36
6
7
27
|
PG
PG
PG
ISILAH
PG
PG
URAIAN
PG
PG
ISILAH
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
JENIS
SOAL
|
3.2 Membandingkan siklus
hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya
pelestariannya
|
Daur hidup makhluk hidup
|
·
Peserta
didik dapat menyebutkan hewan yang mengalami proses siklus hidup di darat
·
Peserta
didik dapat menjelaskan siklus hidup kupu – kupu
·
Disajikan
sebuah tabel, peserta didik dapat menunjukkan pasangan nama hewan dengan
siklus hidupnya
·
Peserta
didik dapat menyebutkan hewan yang melakukan metamorfosis tidak sempurna
·
Peserta
didik dapat menyebutkan hewan yang hidup di darat dan di air
·
Disajikan
sebuah siklus hidup hewan, peserta didik dapat menentukan nama hewan
berdasarkan siklus tersebut
·
Peserta
didik dapat menyebutkan tempat siklus hidup bunga teratai
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu tumbuhan yang cocok hidup di daerah lembab
|
8
37
9
28
29
`10
11
12
|
PG
URAIAN
PG
ISILAH
ISILAH
PG
PG
PG
|
|
3,3 Mengidentifikasi macam
– macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet,gaya
gravitasi, dan gaya gesekan
|
gaya
|
·
Peserta
didik dapat menyebutkan gaya yang bekerja berdasarkan gambar yang disajikan
·
Peserta
didik dapat menjelaskan akibat pengaruh gaya terhadap benda
·
Peserta
didik dapat menjelaskan tujuan ban mobil dibuat beralur
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu contoh gaya gravitasi
·
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu benda yang proses kerjanya menggunakan
gaya listrik
·
Peserta
didik dapat menyebutkan pengaruh gaya gravitasi terhadap berat benda
·
Peserta
didik dapat menyebutkan gaya yang digunakan berdasarkan gambar yang disajikan
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu contoh gaya gesek
·
Peserta
didik dapat menyebutkan peristiwa jika magnet didekatkan ke besi
|
13
38
30
14
15
16
17
18
31
|
PG
URAIAN
ISILAH
PG
PG
PG
PG
PG
ISIAN
|
|
3.4 Menghubungkan gaya
dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
|
Gaya dan gerak
|
·
Peserta
didik dapat menjelaskan kegiatan yang menggunakan gaya
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi gerak traktor
pegas
·
Peserta
dapat menyebutkan faktor yang mempengaruhi jarak lontaran anak panah
·
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab keseimbangan pada jungkat –jungkit
·
Peserta
didik dapat menyebutkan penyebab jika batu dilempar ke atas akan jatuh ke
bumi
|
19
20
32
39
21
|
PG
PG
ISIAN
ISIAN
PG
|
|
3.5 Mengidentifikasi
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin,air,matahari,panas bumi,bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari - hari
|
Sumber energi
|
·
Peserta
didik dapat menyebutkan sumber energi pada gitar
·
Peserta
didik dapat menyebutkan sumber energi cahaya
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu perubahan energi listrik menjadi energi
gerak
·
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu alat yang mengubah energi listrik menjadi
cahaya
·
Peserta
didik dapat menyebutkan perubahan energi kimia menjadi energi gerak
·
Peserta
didik dapat menyebutkan sumber energi alternatif
·
Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu bahan bakar yang ramah lingkungan
·
Peserta
didik dapat menjelaskan energi alternatif yang banyak digunakan untuk
kendaraan bermotor
|
33
22
23
34
35
40
24
|
ISIAN
PG
PG
ISIAN
ISIAN
ISIAN
PG
PG
|
No comments:
Post a Comment